Thursday, November 6, 2014

artikel

Sebagai orang tua, melihat anak tumbuh adalah suatu proses yang membanggakan. Ingin selalu dekat dengan mereka dan mengetahui apa yang mereka kerjakan adalah keinginan setiap orang tua. Namun, ada kalanya anak harus keluar dari rumah untuk menjemput masa depan yang cerah untuk dirinya sendiri. Entah itu untuk urusan sekolah maupun pekerjaan.

Meski terasa berat karena Anda akan berada cukup jauh untuk memeluk, bersenda gurau, dan bercengkerama dengan anak, namun hal ini termasuk pelajaran penting dalam hidupnya untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh kelak. Saat indahnya kebersamaan keluarga bersama anak sedikit berkurang, di sinilah peran orang tua diperlukan untuk tetap membuat sang anak merasa di rumah meski sedang jauh di sana.

Ada banyak peran keluarga yang bisa Anda tetap lakukan meski sedang berjauhan dengan anak. Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak Anda selalu merasa di rumah meski sedang berada jauh demi menuntut ilmu.

Komunikasi setiap hari
Sekadar mengirim pesan singkat menanyakan kabar anak akan membuatnya merasa selalu dicintai dan dirindukan. Selain berkirim pesan, menghubunginya melalui telepon atau aplikasi instant message juga akan membuat anak tetap merasa dekat dengan keluarganya di rumah meski sedang jauh. Teknologi yang kini kian canggih bahkan memungkinkan Anda untuk mengobrol face-to-face dengannya melalui video call. Manfaatkanlah kemudahan yang ditawarkan teknologi ini untuk tetap berkomunikasi dengan Anak yang sedang berada jauh dari rumah agar keharmonisan keluarga tetap terjaga.

Kiriman hadiah atau barang yang diperlukan
Saat anak masih di rumah, Anda tentu bisa leluasa mengajaknya pergi berbelanja sesuatu yang dibutuhkannya. Namun, hal tersebut menjadi mustahil karena kini ia tinggal di tempat yang jauh dari rumah. Untuk mengatasinya, belikanlah ia berbagai kebutuhan yang kadang terlupakan seperti perlengkapan mandi, pakaian tidur, atau kaos kaki baru. Mengirim hadiah kejutan juga bisa membuatnya merasa spesial dan tetap diperhatikan meski berada jauh dari keluarga.

Kunjungan dadakan
Selain berkunjung pada waktu-waktu umum seperti akhir minggu dan masa liburan sekolah, kunjungan mendadak juga akan memberi kejutan yang tak terkira untuk anak. Kehadiran Anda di waktu yang tak terduga akan membuatnya merasa dicintai dan dirindukan. Momen kebersamaan yang spontan ini bisa membuat Anda bisa merasakan indahnya kebersamaan meski sedang berjauhan.

Merelakan anak pergi jauh untuk menuntut ilmu atau bertugas demi masa depannya tentu adalah hal yang bijak yang dapat dilakukan setiap orang tuanya. Pada saat seperti inilah peran keluarga dibutuhkan agar ia tetap merasa dicintai dan dekat dengan keluarganya.

No comments:

Post a Comment