Sunday, November 16, 2014

pemilik ffb

CEO Facebook Mark Zuckerberg dicecar mengenai merosotnya harga saham perusahaannya dalam rapat pemengang saham Facebook, Selasa, 11 Juni 2013. “Tidak ada yang membuat saya berpikir salah strategi atau bahwa apa yang sedang kami bangun tidak berharga," kata Zuckerberg pada acara di hotel di Burlingame, California.

Sejak debutnya, saham Facebook merosot 37 persen dibandingkan harga penawaran US$38 saat IPO di bursa pada Mei lalu. Namun Zuckerberg tetap berpikir positif. Dia yakin Facebook berada di jalur yang benar menuju sukses jangka panjang. Meskipun dia kecewa dengan kinerja di Wall Street saat ini.

Hanya saja sejumlah pemegang saham Facebook menyampaikan kegundahannya mengenai penurunan harga sahamnya pada sesi tanya-jawab. Mereka berbagi anekdot tentang membeli saham dengan harapan tinggi, dan mencari petunjuk mungkinkah mereka bisa menutup kerugian mereka.

Facebook, dengan sekitar 1,1 miliar pengguna, menjadi perusahaan AS pertama untuk debut di pasar saham dengan nilai lebih dari US$ 100 miliar. Tapi selain dari hari pertama perdagangan, sahamnya belum pernah diperdagangkan di atas harga penawaran.

Perusahaan sebenarnya telah melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah utama yang membebani harga saham. Langkah tersebut ialah dengan mengembangkan iklan mobile yang lebih cocok untuk layar smartphone. Iklan seluler itu memang menyumbang 30 persen dari pendapatan iklan Facebook.

Namun pertumbuhan pendapatan tetap tajam di bawah dua tahun lalu. Terlebih popularitas aplikasi mobile baru untuk pengguna muda membuat Facebook khawatir kehilangan cengkeramannya pada konsumen.

Namun Zuckerberg bersikeras mengatakan Facebook akan terus tumbuh dan bersaing dengan layanan lainnya."Tak satu pun dari tren yang kita lihat sekarang tampak seperti mereka harus mendapatkan di jalan keberhasilan kami dalam cara yang berarti," katanya. Dia merujuk pada jumlah likes dan komentar dari posting pengguna di layanan unaik per orang yang meningkat sekitar 50 persen selama setahun terakhir.

Saham Facebook ditutup 1,2 persen lebih rendah pada US$24,03 di Nasdaq ketika tengah terjadi penurunan pasar.

No comments:

Post a Comment