Thursday, December 4, 2014

Profile Sam Smith

Sam Smith adalah penyanyi "british" yang namanya mulai naik daun dengan lagu "Stay With Me" yang merupakan single ke tiga dari album debutnya. Sebelumnya, nama Sam Smith mulai dikenal melalui lagu Latch (feat. Disclosure) dan La la la (feat. Naughty Boy). Sam Smith telah memenangkan 2014 BRIT Critics' Choice Award dan the BBC's Sound of 2014. Album pertamanya yang berjudul In the Lonely Hour" dirilis pada tanggal 26 Mei 2014 oleh Capitol Record dengan single pertama "Lay Me Down" yang diikuti dengan single "Money On My Mind".

Biografi :

Sam Smith lahir di London, England pada tanggal 19 Mei 1992 (umur : 22 tahun). Dia merupakan alumni dari Youth Music Theatre UK dan ikut membintangi "Oh Carol!" yang diproduksi oleh Youth Music Theatre UK. Sam belajar menyanyi dan menulis lagu dibawah bimbingan penyanyi dan penulis musik jazz bernama Joanna Eden. Sam juga merupakan sepupu tiga kali dari penyayi Lily Allen. Lily lah orang memberi tahu Sam Smith lewat tweetnya bahwa Sam telah memenangkan BBC's Sound of 2014. 

Sam mengatakan bahwa ia banyak terinspirasi oleh Amy Winehouse dalam karyanya dan pernah menulis bahwa ia masih merindukan Amy Winehouse pada Mei 2014. Selain itu Sam juga menambahkan tokoh Beyonce, Whitney Houston dan Mariah Carey sebagai tokoh inspirasinya. 

Pada bulan Mei 2014 Sam juga mengatakan pada publik bahwa ia adalah seorang "Gay" dan banyak lagu yang ada di Albumnya menceritakan tentang cintanya yang tak terbalas. Salah satu contohnya adalah lagu In the Lonely Hour yang menceritakan bahwa ia jatuh cinta pada seseorang tahun lalu, tetapi orang tersebut tidak membalas cintanya. Cerita cinta bertepuk sebelah tangan yang diceritakan Sam juga terlihat jelas pada video clip lagunya, seperti pada video Stay With Me dan Leave Your Lover. 

Pada interview dengan 4Music, Sam menyatakan bahwa ia adalah seorang penderita OCD (Obsessive-compulsive disorder) dengan pernyataan "I actually have OCD really bad, and it's getting a bit worse at the moment,". Dia juga menambahkan bahwa ia harus mengecek keran-keran dirumahnya sebelum pergi untuh memastikan ia sudah mengecek segalanya dalam kasus terjadi banjir.

Rekomendasi Lagu Sam Smith dari Album In the Lonely Hour :

Menurutku, lagu Sam Smith semuanya bagus karena Sam memang memiliki suara yang "wow and amazing". Hampir semua lagu Sam Smith di Album In the Lonely Hour adalah lagu "galau", jadi bisa pas banget untuk yang lagi galau atau yang suka dengan lagu mellow. Dan inilah list atau daftar lagu Sam Smith yang aku rekomendasikan.
1.   Money on My Mind  (recommended)
2.   Good thing
3.   Stay With Me  (recommended)
4.   Leaver Your Lover  (recommended)
5.   I'm Not the Only One 
6.   I've Told You Now  (very recommended)
7.   Like I Can  
8.   Life Support
9.   Not in That Way  (recommended)
10. Lay Me Down 
Selain itu aku juga merekomendasikan lagu Sam Smith feat. Naugty Boy - La La La.

Foto :



No comments:

Post a Comment